Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

Sleeper Bus

10/07/2014 05:57:00 am Unknown 0 Comments Category : , , , , ,


Sleeper Bus ini merupakan moda trasportasi yang gue pakai buat perjalanan antar kota. Bis ini unik banget karena baru gue liat di Vietnam. Seperti namanya, Bus ini emang dirancang buat lo bisa tidur dalam bis untuk perjalanan jauh. Dari luar sih kayak bis biasa aja, tapi dalemnya bukan kursi yang berjejer tapi kayak kasur (yang gak lurus total sebenernya). Jadi selama perjalanan lo gak bisa duduk tapi cuma bisa selonjoran.

Buat kita orang dengan ukuran Asia bis ini nyaman-nyaman aja. Kalo buat bule yang badannya kayak hulk atau rambo sih sempit banget. Tinggi gue sekitar 177 dan kaki gue mentok tok keujung kasur. Jadi kaki lo bakal kayak ada dibawah punggung orang yang di depan lo nanti. Susunan duduk, maksutnya, tidurnya satu-satu ada tiga baris dan dua tingkat. Daya tampungnya sekitar 40an orang dan untuk bis yang perjalanannya jauh ada kamar mandinya yang super bau.

Naik sleeper bus ini bakal lebih murah dibandingkan lo naik kereta. Waktu tempuhnya juga cuma beda dua tiga jam dari kereta. Gue selalu ambil bis jam terakhir atau paling malem. Jadi gue bisa tidur disitu dan paginya udah sampe di kota selanjutnya. Lumayan juga selain efisien waktu kita bisa nge-cut cost buat hostel semalem.

Banyak banget bus company yang ngelayanin dari kota manapun ke kota apapun. Biasanya mereka punya kantor di daerah backpacker di kota itu. Jadi gak terlalu ribet nyarinya. Hostel-hostel pun udah pasti punya koneksi dari salah satu dari mereka dan kalo males ribet cari-cari bisa dari hostel aja pesennya. Untuk harga relatif tergantung jarak dan grade company nya, semakin mahal ya semakin bagus. Compare beberapa bus company buat dapet harga yang paling baik.

 Norak pertama kali naik bis bisa bobo bobo chantique

Bis yang paling bagus yang gue pake selama disana jatuh kepada Phuong Trang Futa Buslines. Gue pake bis ini pas dari Saigon ke Mui Ne. Lama perjalanan sekitar 5 jam. Harganya 145.000VND (IDR83.000an). Kondisi fisik bisnya bagus, wangi dan AC nya dingin banget. Kita naik dari pool nya di daerah Pham Ngu Lao juga. Pas naik, kita harus lepas alas kaki dan kita dikasih kresek buat naro sepatu atau sendal kita. Duduknya sesuai dengan nomer masing-masing pas kita beli tiket. Bis lumayan ontime dan langsung berangkat ke Mui Ne dan cuma berhenti sebentar buat istirahat jam 3 pagi (gue masih tidur nyenyak dan gak peduli). Sampai di poolnya di Mui Ne, mereka punya fasilitas shuttle bus buat nganterin ke alamat masing-masing. Kita hampir gak mau naik dan mau cabut karena suudzon bakal disuruh bayar, eh supirnya bentak gue "Free! Free!" yeeu.. malu bet malu.. langsung aja kita naik dan dianter ke hotel kita.

Pengalaman paling buruk dan kejam adalah sleeper bus dari Nha Trang ke Hoi An. Nggak ada bis langsung dari kota kedua gue, Mui Ne ke Hoi An. Jadi kita harus estafet dan pindah bis di Nha Trang. Kita kena seorang 350.000VND (hampir IDR200.000) per orang. Bis nya pun kita pesen dari hotel kita karena paling murah. Pas transfer bis, kita sempet kenalan sama dua traveler asal Jerman, Antonia dan Linda. Mereka baik banget dan kita bahkan jalan bareng di Hoi An. Itu kondisinya udah malem dan kita laper parah karena terakhir makan pas siang. Sampai di terminal di Nha Trang, bis nya udah nungguin kita dan cuma kita yang ditungguin. Keneknya udah bete pas kita lagi masukin barang ke bagasi (lha kan gue telat bukan salah gue, salahin aja sopir sebelumnya kenapa lama). Gue yang udah laper setengah mati mau beli jajan dulu dilarang sama keneknya, teriak-teriak dia ke gue "NO TIME, NO TIME" Anjing, dengan kondisi laper total gue terpaksa naik bis yang udah ronga-ronga mau jalan.

Semua kursi di depan udah keisi dan keneknya ngarahin kita kebelakang. LAH LAH.. Kita dan bule tadi, harus duduk dipaling belakang! Deket kamar mandi dan kasurnya tiga biji nempel jadi satu semua kayak kasur king bed! Ada sih satu kasur yang sendiri diatas, dan kita kasih ke Devina karena dia ngebut duluan kesitu! Iqbal duduk diatas dengan model kasur yang sama. Dan gue... harus mau gak mau tidur dibawah sama bule jerman tadi. Kebayang gak sih, perjalanan 12 jam lo gak bisa duduk karena kalo lo duduk pala lo bakal mentok. Sebelah kamar mandi pula yang baunya pake banget amsyong jangan dibayangkan. Linda bahkan bilang "Untung gue kenal ama lo duluan! Kalo gak bakal awkward banget nih!" Yang bikin bingung, sebenernya ada beberapa kursi kosong di tengah tapi kita gak boleh pindah sama keneknya. "NO! NO! HERE HERE!" sambil nunjuk kursi kita pas kita tanya bisa pindah apa engga. Buju bunenggg.. Gue harus tidur empel empelan dan gak leluasa bergerak karena gerak dikit pasti sebelah keganggu. Plerrrrr.. Gue paksain tidur aja. Eh tidur beneran ampe besok paginya. Biarpun gak tenang karena bau kamar mandi dan kondisi laper gue makin parah. Besok paginya, Si Antonia bilang ke gue "Gile lu gak kebangun sama sekali, ni supir dah kayak kesambet kali bawanya gila banget kayak mau mecahin rekor. Gue kira kita semua bakal metong!" Lha.. Gue tenang-tenang aja tidur..
 udah bau, tidur kayak gempa bumi bergoyang teruss
pemandangan dari atas, udah kayak di tempat ajojing. (fotonya Devina~)

Pengalaman bus menantang maut itu jadi pelajaran buat kita. Pas kita mau pesen bis dari Hoi An ke Hanoi, kita bener-bener mastiin ke mba mba nya kalo kita HARUS DUDUK didepan dan barengan gak boleh kepisah. Gue sampe bilang kayak gitu berkali-kali mastiin keselamatan hidup gue karena perjalanannya bakal jauh banget. Dan hasilnya.. kita dapet kursi sisa di agak belakang tapi untungnya masih bisa barengan dan gak nempel kamar mandi.

Tips naik sleeper bus!
  • Selalu pesen nomer kasur lo. Pilih deretan depan-tengah dan ambil yang dibawah. Itu tempat ter-pw
  • JAUHI kamar mandi. Kalo lo terpaksa duduk disitu bilang sama keneknya lo bakal muntah atau apalah ngeles. Sumpah, perjalanan lo akan tersiksa kalo disebelah kamar mandi
  • Bawa jajanan.. Minum sih biasanya dapet. Bis nya gak tentu suka berhenti kapan untuk makan siang atau makan malem. Biar perut aman, bawa ganjelan itu penting.
  • Untuk harga paling murah, selalu compare agen ke agen. Tanya juga bisnya bakal gimana. Karena intinya kalo murah pasti bisnya gak akan senyaman kalo lo nambahin sekitar 10-20ribuan.
  • Tanya nanti bakal diturunin dimana. Jadi lo bisa memperkirakan untuk ke hostel lo nanti bisa naik apa dan jaraknya berapa jauh.
  • Sebenernya ada tiket terusan dari beberapa company yang sistemnya hop-on hop-off dari selatan ke utara. Tapi bedasarkan review yang gue baca, biasanya yang kayak gitu ribet dan belom tentu sesuai dengan jadwal yang kita mau.

How much it cost
* Saigon - Mui Ne, Futa Buslines, 5 jam perjalanan :
145.000VND (IDR83.000an)
* Mui Ne - Hoi An (Via Nha Trang), Bis Bajingan Lupa Nama, Total 17 jam perjalanan :
350.000VND (IDR200.000an)
* Hoi An - Hanoi (Via Hue), Vision Travel, Total 16 jam perjalanan :
330.000VND (IDR180.000an)






RELATED POSTS

0 comments