Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

Nongkrong; Edisi: Saigon

10/07/2014 03:55:00 am Unknown 0 Comments Category : , , , ,

Notre-Dame Basilica di Saigon

Hari pertama gue di Saigon, gue isi dengan sightseeing dan nongkrong. Habis dari Ben Thanh Market kita jalan kaki ke Saigon Notre-Dame Basilica yang saat itu lagi tutup jadi cuma bisa foto-foto di depannya aja. Btw, Saigon itu adalah nama lama dari Ho Chi Minh City jadi sebenernya mereka itu sama. Trotoar di Saigon besar-besar dan banyak pohon jadi adem biarpun jalan siang-siang. Banyak warung kaki lima yang jualan makanan, cemilan sampe kopi. Banyak juga motor-motor parkir plus tukang parkirnya yang ngaso di atas motor. Bangunan di Vietnam tuh relatif sama semuanya. Lebarnya gak terlalu lebar tapi manjang kebelakang.

Nongkrong kayaknya juga jadi "culture" nya orang Vietnam. Sering gue liat pagi-pagi om dan tante sedang menyeruput kopi di kafe-kafean, siang-siang ngebir di warung-warungan, dan malem-malem kongkow di bar-bar pinggir jalan. Dan hampir semua tempat (dipinggir jalan, bukan kafe) khas banget Vietnamnya. Nongkrongnya pake meja kecil dan kursi pendek.

Kursi nya kayak kursi anak TK


Di Saigon banyak juga kafe yang interior nya lucu-lucu. Sore-sore abis dari Notre-Dame Basilica gue nongkrong di coffee shop namanya Gac Hoa. Sekitar 15 menit jalan kaki dari situ. Gue dapet referensi ini dari instagram orang yang gue follow. Dari fotonya tempatnya kayak homy banget dan unik ala ala interior rumah eropa gitu. Agak sedikit susah dicari karena tempatnya di dalem gang-gang. Tapi ada plang nya jadi ketemu juga.

Pas masuk gue pun terkejut. Ternyata ini sebenernya florist yang atasnya dijadiin caffee. Jadi semuanya full kembang kembang dan vas bunga udah kayak di tebet. Detil interiornya pun bunga bunga yang princess banget. Gue sama Iqbal sampe bingung, like this is too girly to us. Hahaha, kadung udah sampe dan sebenernya tempatnya pw juga jadi kita tetep nongkrong disitu. Tempatnya kecil seperti tipe bangunan Vietnam yang gue bilang tadi, gak lebar tapi memanjang. Ada tiga lantai dan paling atasnya semacam semi-outdoor gitu rooftopnya. Rooftopnya sih asyik banget. Beneran kayak french garden gitu. Gue pesen cappuccino yang lumayan enak. Harganya juga masuk akal. Kita juga ketemu sama dua bule dari Jerman sama Spanyol yang udah 7 minggu di Vietnam dan rutenya kebalikan kita. Jadi dapet saran dan tips banyak banget dari mereka.
Enaknya sih buat PDKT ((sama siapa~))

rooftopnya asyik dan sangat homy!

Malemnya, kita naik bis ke Ben Tanh Market lagi. Dari situ habis makan malem Pho yang manteb banget sambil nyari-nyari bis buat ke Mui Ne, kita sambil cari tempat nongkrong. Karena Pham Ngu Lao itu emang pusat backpacker jadi semua diset buat menarik bule. Dari interior sampe makanan. Harganya diatas normalnya harga disana tapi gak terlalu jauh. Kita sih gak terlalu mau hura-hura karena masih awal-awal gak mau kehabisan duit. Cuma di jalan Bui Vien, beberapa tikungan dari Pham Ngu Lao, lo akan menemukan sederet bar pinggir jalan dengan tulisan Bia Hoi atau Fresh Beer.

Tempatnya kalo dibilang maksa, maksa banget. Di depan ruko dengan meja kecil dan kursi kecil gitu, dan super dempet-dempetan. Tapi ini yang Vietnam banget! Orang lokal maupun traveler bule nongkrong semua disini. Mungkin ambiance nya bikin orang penasaran dan pengen nongkrong. Karena emang rame banget dan tumpah ruah ke jalan-jalan. Dan trik kursi dempet itu makin bikin jadi keliatan rame dan jalan ini "hidup" banget. Mas mas nya bakal mencegat lo di jalan buat nongkrong di warungnya. Nggak maksa sih, kalo gak mau tinggal ngeleos aja. Disini lo bisa mendapatkan beer botol kecil dengan harga 12.000 VND (IDR6.000an) yang dingin. Beer nya namanya Saigon Beer (karena lo di Saigon, soalnya ada Ha Noi Beer bahkan Ha Long Beer). Tapi nongkrong disini artinya semua harus beli. Jadi gak bisa kalo nongkrong bertiga yang beli cuma dua. Mereka bakal maksa lo suruh beli. Dan kalo udah abis, mereka bakal ngeliatin lo dengan penuh intimidasi agar lo segera cabut. Mereka gak jual beer aja sih ada french fries juga dan snack lain sekitar 25.000VND (IDR14.000an). Nongkrong disini sebenernya asyik banget. Kerasa banget gitu Vietnamnya dan seakan lo adalah locals yang lagi kongkow aja.

kurang lebih begini ((gak ada stok foto yang lebih menggambarkan heuheu))
Yang paling bikin kaget adalah.. Waktu lagi nongkrong disitu dan lagi asyik canda gurau. Tiba-tiba kita mencium bau yang gak asing. Pas kita liat ke kiri kita, ada sekumpulan cowok lokal seumuran LAGI NYIMENG. Like literally menghisap marijuana dalam lintingan papir. Gue sama Iqbal dan Devina langsung liat-liatan dan ngomongin mereka (huhuhu enaknya ngomongin orang langsung karena mereka gak ngerti bahasa Indonesia juga) Gila pede banget tuh orang giting di pinggir jalan. Pada gak takut silop apa! Mana bisa (atau mana berani) lo nyimeng di Indonesia di jalanan seenak jidat. Udah matanya merah banget, ketawa-ketawa gak jelas lagi. Yha.. Namanya juga giting om..

Tapi gue jadi bertanya-tanya juga. Apa legal lo nge-ganja di Vietnam? Gue sempet ngobrol sama temen gue orang Polandia dia juga bingung dan kaget orang pada pede banget nyimeng. Berarti mas mas tadi tuh bukan the only one dong. Banyak juga yang nyimeng di jalan. Pas gue tanya ke orang Vietnam asli, mereka cuma bilang, "Yha uda biasa mz disini gitu". Entah sih apa polisi gak peduli atau gak memberantas. Tapi emang ganja dijual santai aja gitu disana buat traveler pun. Gue pernah liat om-om bule tua beli ganja di warung rokok pinggir jalan. Pede aja gitu.. Beneran di jualnya di warung rokok pinggir jalan loh. Kalo di Indonesia sih mah.. Siap siap diciduk bos!

Where I Nongkrong
Gac Hoa Attic Cafe
92/17 Phạm Ngọc Thạch, P.6, Quận 3, TP. HCMN
Harga: 50.000-60.000VND (IDR28.000an)
Rating: 7,5/10

Bia Corner
Sepanjang jalan Bui Vien, dan di daerah Pham Ngu Lao lainnya
Harga: Beer 12.000VND (IDR6.000an), French Fries 25.000VND (IDR14.000an)
Rating: 6,5/10 (tapi kalo mau merasakan yang Vietnam banget ya disini)

RELATED POSTS

0 comments