Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

Saigon and the first impression

10/07/2014 12:16:00 am Unknown 0 Comments Category : , , ,

Gue masuk Vietnam via Saigon dari Singapore. Gue emang beli tiket pesawat dengan rute Jakarta-Singapore lalu Singapore-Saigon karena lebih murah jatohnya dan waktu itu emang promo. Pesawat mendarat di Bandara Tan Son Nhat pagi sekitar jam 8. Bandaranya bagus dan lebih bagus dari kita. Salah satu cara gue memvonis sebuah bandara bagus atau engga adalah dengan ngeliat belalai pesawat atau airbridge nya. Keren cuy, kaca-kaca minimalis gitu dan adem karena AC nya nyala. Gak kayak.. ehem.. Soetta.

welcome to Saigon~

Langsung menuju imigrasi dengan antrian yang cukup panjang, kita langsung milih barisan ASEAN Line dengan harapan cepet karena gak ada cek-cek yang rempong. Waktu ngantri, gue asyik aja foto-foto suasana imgirasi. Eh tiba-tiba mbak imigrasi di antrian sebelah kayak ngasih kode ke mas mas imigrasi di antrian gue dan nunjuk-nunjuk ke gue. Dia kayak notis gue lagi foto-foto terus manggil (mungkin) sekuriti (karena baju nya kok gak kaya sekuriti) lalu mas sekuriti itu dateng nyamperin gue. "No photo. Delete" tiga kata doang. Mukanya super jutek padahal tingginya cuma seleher gue dan cungkring total. Orang-orang ngeliatin gue hadyuuu.. keliatan kamseuphay nya deh. Btw, mas sekuriti itu beneran nungguin gue sampe gue beneran delete foto itu.

Selesai cap-cap an, kita cari money changer karena gak punya uang Vietnam Dong sama sekali. Devina selalu cek aplikasi money currency dulu sebelum nukerin uang dimanapun. Dan harga money changer di bandara ternyata bener-bener beti alias beda tipis dari yang seharusnya. Bahkan gak jauh beda sama money changer di pasar. Kita tuker uang beberapa dulu yang penting punya uang. Masih di bandara kita langsung beli nomer. Gue yang males rempong emang pengen beli nomer di Bandara biar nanti gak nyari-nyari lagi di kota. Tapi Devina sama Iqbal gak mau beli karena mereka kiranya di bandara bakal lebih mahal daripada di kota. (padahal sama aje, dan lebih mudah di bandara karena ditanyain kebutuhannya apa)

Keluar bandara, masih sempet-sempetin ngerokok dulu di sebelah Burger King. Beres ngerokok langsung menuju bis yang bakal ke pusat kota. Kalau dari Tan Son Nhat, kita bisa naik bis nomer 152 yang menuju ke daerah backpackers dan abis-abisan di Benh Tan Market. Tarif nya 7.000 VND perorang (sekitar Rp.4.000). Bisnya cukup bagus biarpun udah agak tua. Pake AC dan kursinya empuk dikit karena ada busa nya. Kalau penginapan lo daerah Pham Ngu Lao, lo bisa naik bis ini dan jalan sekitar 10 menit.

bus kota di Saigon
Gue langsung memperhatikan sekitar. Pertama yang paling berbeda itu disini nyetirnya di kanan jalan! Mungkin karena dulu Vietnam dijajah Perancis. Dan baru juga masuk jalan raya, motor-motor udah kayak laron! Banyak bangettt. Vietnam yang terkenal dengan pengemudi motor nya yang gila emang karena disini motornya banyak banget. Dilangsir ada sekitar 3 juta motor di Saigon. Mereka nyetir kayak cuek aja kiri kanan ada apa. Klakson udah kayak lagi paduan suara. Sumpah, motor di Vietnam tapi jago-jago banget dalam urusan ngeles dan nyelip-nyelip. Tapi biarpun gila gue gak pernah sekalipun ngeliat orang Vietnam tabrakan bawa motor. Di perjalanan gue liat ada dealer motor yang jual motor bebek yang biasa, harganya 4,5 Juta Vietnam Dong doang! Kalo dirupiahin cuma 2,5 juta doang cuy!!! Pantes semua orang bisa beli motor.
nyebrang di Saigon mesti super waspada tapi tetep #selfie

Suasana jalanan Saigon kurang lebih kayak Menteng. Tapi gedungnya rada gak kekinian. Cuma kotak aja biasa. Jalanan nya cukup luas biasanya tiga jalur. Kiri buat truk dan yang gede-gede, tengah buat mobil biasa dan motor, kanan buat motor (biarpun gak pernah dipraktekin di dunia nyata). Turun di terminal suasana makin ramai. Mungkin karena disini jantung backpackernya jadi semuanya juga ngumpul disini. Modal google maps, kita cari nama jalan hostel kita. Di Saigon banyak junction yang aneh kayak meruncing-runcing gitu jadi suka bikin keder. 20 menit keliling pake acara nyasar karena hostelnya nyaru diatas cafe gitu dan plang nya kehalangan pohon, sampai juga gue ke hostel gue Budget Saigon Hostel.

Gue udah booking sebelumnya di hostelworld. Alasan booking disini sih karena murah banget. Semalem perorang untuk dorm basic 12 orang cuma Rp.48.000an. Location nya juga oke banget karena emang deket banget sama Pham Ngu Lao Park. Gue gak naro ekspektasi tinggi-tinggi buat keadaan disana. Gue juga cuma ambil semalem karena emang gak rencana lama di Saigon jadi untuk semalem tidur gue pake prinsip yang penting bisa tidur dikasur aja. Resepsionis nya kecil banget dan mbak mbak nya menyambut gue dengan senyuman. Namanya Cring (gue gatau penulisannya gimana tapi begitu kata dia) yang sangat helpful tapi bahasa inggrisnya ngaco.

Urusan passport dan bayar selesai gue naik ke kamar gue dilantai tiga. Pas liat.. Busetttttt tempat tidurnya tingkat tiga! Dan kayaknya gak 12 bed tapi 18 soalnya ada enam kasur bertingkat! Dan semuanya nempel pel pel. Gak ada jarak antar kasur. Gue udah kebayang tidurnya bakal liat-liatan sama bule sebelah gue. Untungnya ada sekat gorden (yang gak nutup sampe bawah) udah gitu ternyata kita bertiga tidurnya berjejer jadi gak sebelahan sama orang random. Terus lorong buat naro tasnya sempit banget.. Dan penuh sama semua backpacks bule yang segede kulkas. Kamar mandinya kecil dan cuma satu. Untuk satu kamar.. Untung lagi gak penuh, cuma setengahnya kali. Yang paling metal itu setiap kasur ada kipas angin nempel ditembok.. di kepala lo pulak! Gile masuk angin masuk angin lo. Yaudahlah ya.. Cuma sehari. 48rebu gak boleh banyak protes. Bener-bener memberikan first impression Vietnam yang.. keras.

 siap siap masuk angin~
 tempat naro barang di gang senggol

Where i stay
Budget Saigon Hostel
10 Nguyen Van Trang Street, Ben Thanh Ward District, Ho Chi Minh, Vietnam
Standard 6 Bed Mixed dorm IDR76351
Basic 12 (???) Bed Mixed dorm  IDR48477
Rate dari gue : Overall 65%, Location 90%
(+) Deket kemana-mana, tour dan pesen bis dari mereka murah. 


RELATED POSTS

0 comments