Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

Mui Ne 101

10/26/2014 05:25:00 am Unknown 6 Comments Category : , , , , , , ,

Mui Ne, Vietnam
Kalau lo sedang merencakan untuk jalan-jalan ke Vietnam tapi belum tau mau kemana aja, gue sangat menyarankan untuk meninggalkan hiruk pikuk di kota besar dan cobalah mengunjungi Mui Ne. Sekitar 5-6 jam perjalanan dengan bis dari Saigon, Mui Ne ini ada di pesisir pantai dan sudah berkembang baik sebagai sebuah destinasi wisata. Udah kebayang belom birunya air laut dan angin yang smriwing-smriwing?. Tapi alasan utama kenapa dulu gue pengen banget kesini adalah.. di Mui Ne ada "gurun pasir" dengan view yang sangat spektakuler so tidak mainstream dan bikin lo bingung sendiri ini sebenenernya ada di Vietnam atau di Mesir.

Dan buat para independent i'm feel free budget travelers out there, it's gonna be a long post but here I give you a bit information about Mui Ne!

Why Go
Karena Mui Ne ini sebenernya reachable banget kalo lo ada di Saigon. Waktu lo sedikit dan cuma ingin one day trip? Bisa. Waktu lo banyak dan pengen nyobain hal baru? Sangat Bisa. Waktu lo lebih banyak lagi dan ingin keliling Vietnam? You should put Mui Ne on your itinerary!
Trivia : There are lots of Russian in Mui Ne. Even the menu on the restaurants also written in Russian. They also own some cafes in Mui Ne.

When To Go
Basically, Mui Ne karena daerahnya tropis bakal panas-panas aja dan kering-kering aja sepanjang tahun. Mungkin bisa menghindari high-season supaya budget buat akomodasi nggak melunjak.

How To Get There
Sangat merekomendasikan overnight sleeper bus seperti yang gue ceritakan disini. Untuk bus company, banyak banget sebenernya di Pham Ngu Lao St. di Saigon secara pusatnya backpackers. Jadi lo bisa compare untuk harga termurah (normalnya sih sekitar US$7/150.000VND). Gue kemaren pake Phuong Trang Futa Buslines, yang bahkan gue nobatkan sebagai sleeper bus terbaik selama gue di Vietnam. Gue sedikit lupa timetable bis dari Saigon ke Mui Ne dan sebaliknya. Tapi bis ada yang dari pagi banget, kalau kalian ingin berangkat pagi, dan ada yang midnight kalo kalian ingin overnight. Saran gue, mending overnight. Karena lo bisa start buat explore Mui Ne dari pagi jadi gak panas.

Untuk yang start dari utara, biasanya lo harus estafet dari Nha Trang karena jarang ada yang direct dari kota-kota di utara langsung ke Mui Ne. Tapi biasanya bus company nya punya connecting bus nya jadi bisa sekalian beli tiket terusan.
on the bus to Nha Trang

Getting Around
Kalo lo ikut tour, semua aman tinggal duduk dan ikut acara. Ada Jeep Tour untuk one day trip sekitar US$ 9 /110.000IDR. Tapi karena pengen lebih bebas dan gak ada yang nungguin, kita mutusin untuk nekad nyewa motor di Vietnam! Pertama kali nyetir di kanan jalan, kagok parah! Gue hampir nabrak orang beberapa kali karena lupa kalo gue harusnya nyetir di kanan bukan di kiri. Well, karena Mui Ne sebenernya kota yang sangat kecil jadi ini gak akan se-ekstrim lo pake motor di Saigon atau Hanoi.

Enak banget bawa motor di Mui Ne karena sepanjang perjalanan lo kemanapun akan disuguhkan iklan pemandangan yang oke banget. Jalan raya di Mui Ne hampir semuanya persisi di pinggir laut. Jadi kebayang kan bawa motornya gimana? Kita sampe berhenti beberapa kali karena norak mau foto-foto. Enggak cuma laut, tapi juga ladang yang luas dan ijooo semua!

Banyak kok rental motor di Mui Ne. Kemarin sih, sewa di hotel karena males cari-cari lagi. Kisaran harga rental motor nya sekitar 120.000VND / 68.000IDR perhari. Sedikit catatan bensin di Vietnam lumayan mahal. Gue agak kaget karena biasanya isi bensin 25ribu disini udah luber disana gak sampe setengah tangki!
view sepanjang perjalanan naik motor di Mui Ne

Sights and Activities
The Surreal White Sand Dunes!
Berasa lagi di Afrika

Ini adalah highlight dari Mui Ne. Gak perlu jauh-jauh ke Afrika atau ke Chile buat merasakan "gurun pasir" karena di Vietnam ada kw-an nya. Dari segi terminologi memang sebenernya lebih pas buat disebut Sand Dunes atau bahasa jokaw nya Gumuk Pasir. Scenery nya bikin lo berasa pengen pake sorban dan jalan-jalan naik onta. Sepanjang dan sejauh mata memandang lo bakal melihat pasir dari ujung ke ujung. Tempat ini luas banget bahkan orang-orang di tengah gumuk pasir ini cuma kayak pentul.

Tempat ini luas banget dan bersantai-santailah menikmati pemandangan unik ini. Kalau banyak duit, bisa sewa ATV buat keliling-keliling. Sekitar 250.000VND(140.000IDR) untuk 30 menit. Kalau on budget, jalan kaki gak akan terasa capek karena lo akan banyak berentinya buat foto-foto! Susurin terus dunes nya dari ujung ke ujung. Pasirnya warna kuning muda dan halus banget. Gue sampe pake salto-saltoan saking senengnya ada disini. Lo juga bisa sewa board buat sandboarding seluncuran dari puncak dunes. Bakal banyak mas mas yang nyamperin lo. Kemarin lupa tanya harganya berapa.

Yang bikin makin amazing dan komplit, disini juga ada lotus lake. Yapp! Danau yang luas banget at the edge of the dunes. Gue menghabiskan most of the time gue di Mui Ne disini. Duh, sore-sore kongkow disini ihiy asyik banget. Sambil nungguin sunset. Udah mainstream kan sunset di laut, sekali-sekali cobain sunsetnya "gurun". Ah.. Jadi pengen balik lagi!

Lotus Lake as background


Do The Kitesurfing
Olahraga ini populer banget di Mui Ne dan banyak bule yang dateng kesini buat nyobain kitesurfing. Bukan nyobain tapi lebih tepatnya ikut course. Karena banyak banget kitesurfing school di Mui Ne! Kitesurfing itu water sport (dan masuk extreme sport) yang intinya kayak lo surfing tapi ditarik sama paralayang. Mirip sama water boarding tapi gak ditarik sama jetski tapi sama "layang-layang". Pengen sih coba, tapi siapin duit yang banyak karena course buat dua jam itu sekitar US$120! Busyeengg.. Angin terbaik sekitar bulan Oktober-Mei. Kalo penasaran bisa cek lebih lengkap disini

The Red Sand Dunes and Fairy (?) Stream
Sebenernya ada dua sand dunes di Mui Ne. Satu lagi namanya Red Sand Dunes karena warna nya yang menurut gue lebih ke orange. Red Sand Dunes ini lebih deket dari pusat kota, atau kalo lo mau ke the white one lo bakal lewatin ini dikiri jalan. Yang gue baca dari review orang sebelum kesini sih, kalo lo ke White Dunes duluan, Red Dunes jadi gak menarik lagi. Pas gue lewatin pun begitu. Ya, kayak gitu aja dan gak "secantik" White Dunes.

Ada juga Fairy Stream, yang gue gak paham kenapa namanya begitu. Ini kayak semacam aliran sungai dan di kiri nya ada tebing yang terkikis erosi dan bikin bertekstur aneh. Dan di ujung sungai ada semacam derasan air, karena mau sebut air terjun gak terjun juga sih, yang jadi akhir perjalanan. Sebelum kesini udah liat-liat reviewnya and I personally didn't find this interesting, so I skip both of them. Tapi kalo penasaran boleh dicoba, dan mostly semua one day tour di Mui Ne memasukan dua spot ini.

Mui Ne Fishing Village
Alternatif lain, disini juga ada Kampung Nelayan. Keliatan sih perahu yang berjejer di tepi laut. Tapi kayaknya Kampung Nelayan Tanjung Binga di Belitung lebih asyik deh haha.. Jadi di skip lagi yang ini.

Sleeping
Diem Lien Guesthouse
85 Huynh Thuc Khang, Ham Tien, Ham Tien / Mui Ne, Phan Thiet, Vietnam
Book here

Ala ala Santorini

Selama gue di Vietnam, ini penginapan terbaik gue. Totally high recommended place to stay in Mui Ne. Dengan harga 210.000IDR untuk bertiga (jadi seorang cuma 70rb!) apa yang lo dapet lebih dari kata sepadan. Kamarnya super luas dan bersih dan pake AC dan ada shower+air panas. Mantab banget. Gue sampe nulis review fantastik di Agoda dan ngasih score 9,2! Exterior nya juga bagus banget, bersih dan homy. Staffnya super baik! Kita dateng pagi banget, biarpun belom dibukain, mbak mbak nya yang matanya masih sengep baru bangun bukain kita pager dengan senyum semangat sumringah! Seneng banget stay disini. Mereka juga nyedian city tour sama bus ticket dan murah banget, kita juga pesen disini.

Tips : Kayak tipikal hotel dan akomodasi pinggir pantai, yang di seberang pantai jauh lebih murah dibanding yang di pantainya langsung. Ada beberapa hostel, tapi waktu gue liat reviewnya di Agoda kurang bagus.


Eating and Drinking
Karena di pinggir laut, makannya ya seafood kabeh. Ada sih yang gak seafood, yang hewan darat aja dan lebih murah. Tapi malem-malem di downtown Mui Ne, ada sederet warung tenda yang jual seafood seger masih pada hidup yang bener-bener bikin ngiler. Banyak pilihannya dengan nama yang hampir sama. Semuanya ada Bo Ke nya, kita mengasumsikan itu seafood dalam bahasa Vietnam karena semua nulis itu. Kita yang niatnya mau berhemat gak kuat liat ikan-ikan, udang-udang, dan kerang yang lagi berenang nunggu ajal nya di aquarium. Harganya sih kalo untuk ukuran budget traveler kayak gue ya gak masuk budget sih.. hehehe.. tapi udah kadung ngiler kita hajar aja. Kita pesen satu porsi ikan bakar sama udang bakar buat bertiga dan nasi dan minum sekitar 220.000VND / 130.000IDR

Pengen nongkrong? Malam hari Mui Ne makin hidup. Banyak cafe yang udah buka dengan konsep yang beda-beda. Ada yang emang konsepnya dugem dengan musik ajojing, ada yang pake live music dengan biduan yang seksi, ada yang coffee shop kalem. Pas lagi cari-cari ada yang unik banget. Dari depan remang-remang dan ada poster dengan bahasa Rusia segede gaban. Tempatnya kecil dan gak rerlalu rame tapi atmosfernya bikin pengen nongkrong terus. Temanya seperti bohemian eclectic. Banyak lampu-lampu unik yang gantung-gantung dengan wall sticker yang unik juga. Harganya juga lumayan untuk minuman sekitar 25.000 - 40.000 VND (20.000an IDR) ada shisha juga tapi mahal.
one of my fav cafe in Vietnam


Bonus :
Di White Sand Dunes, ada warung yang asyik banget karena semua kursinya dari hammock! Sebenernya warkop kayak gini banyak di Vietnam tapi yang ini asyik banget. Jadi sebelum atau sesudah capek-capek keliling dunes bisa kongkow leyeh-leyeh disini. Jualannya sih standaran minuman kaleng sama kelapa muda. Tapi pw aja bikin ngantuk dan mager!
bikin makin betah dan gak mau pulang

RELATED POSTS

6 comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Bang, ane mau ada trip ke Saigon rencana mau ke Mui Ne juga nih, Ane mau tanya , ane rencana mau overnight bus dari Saigon ke Muine dan lanjut tour Sunrise Mui Ne. Lebih baik beli go show atau booking dulu ? Lalu kedua kalo ane nyampe Mui Ne jam 1 an, apakah ane bisa nunggu di agen tour buat lanjutin Sunrise Tour atau harus ke hostel masing-masing dulu . Ditunggu reply nya bang, Thanks.

    ReplyDelete
  3. Hi! I'm from Malaysia. Would like to ask. How did you reach Diem Lien hostel from HCM? Did the bus driver drop you right in front of the hostel? Thanks in advance!

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Mau nanya, kalo dari hcmc ke mui ne itu brp jam ya? Bisa PP? Harga tiket bisnya brp Pp? Maaf banyak nanya, saya mau kesana bulan ini hehe. Makasih :)

    ReplyDelete
  6. Bang,,,mau tanya. Kalau rental motor disana apa ga ada polisi yg bakal rajia kayak ditempat kita?
    Saya pakai hijab, bukankah lebih keliatan nanti turisnya oleh polisi sana dan mudah untuk menilang?😁
    Saya tidak punya SIM lokal maupun International bang?

    ReplyDelete