Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

Vietnam Voyage! The Highlights

10/06/2014 02:56:00 am Unknown 1 Comments Category : ,

Pas gue bilang gue mau ke Vietnam, beberapa temen gue kayak kaget gue mau kesana dan nanya "Hah, emang ada apaan di Vietnam?" dan gue selalu jawab "Ada Ha Long Bay!".

Mungkin Vietnam bukan salah satu favorit orang Indonesia karena kesannya negara miskin dan gak ada apa-apanya buat liburan. Tapi Vietnam dan Ha Long Bay emang udah jadi destinasi impian gue dari lama. Cuma emang belom kesampean karena duitnya gak ada. Penerbangan Jakarta-Hanoi selalu start dari satu jutaan keatas. Ada sih yang murah tapi ke Saigon tapi dari ke Saigon ke Hanoi jaraknya lebih jauh dari Jakarta ke Lombok! Dan kalo mau jalan darat bisa dua hari dua malem belom tentu sampe. Dulu, gue belom kebayang ada apa di Vietnam kecuali Hanoi dan Ha Long Bay. Gue cuma tau Vietnam itu ya, motornya gila gila karena mereka gak kenal rem.

Terus gue mulai cari tau ada apa sih di Vietnam selain Ha Long Bay. Ternyata banyak banget spot spot yang keren nan ciamik di Vietnam. Gue mulai browsing-browsing segala tentang Vietnam. Dan disana akomodasinya murah banget! Hostel start dari gocapan permalem. Gocap loh! Gue baru tau kalo emang kurs Vietnam Dong itu dibawah Rupiah. 1 USD kalo ke Rupiah bisa 12ribuan tapi kalo ke Vietnam Dong bisa 21ribuan bok! Makjaangg.. Dua kalinya kite yang udah jeblok banget ke dollar Amrik.

Dan di September kemarin gue akhirnya ke Vietnam karena tergiur tiket murah bareng dua brosis travel mate gue. Yang sudah pasti sepaket, Devina si telmi, dan Iqbal yang selalu ayo dan gak pernah gak ayo. 10 Hari nyusurin Vietnam dari selatan ke utara ternyata diluar ekspektasi gue. Jauh lebih seru dari yang gue bayangkan! Ini sedikit rangkuman dari FAQ tentang Vietnam:

Kemana aja di Vietnam?
Sumpah, sangat disayangkan kalo lo ke Vietnam tapi cuma ke Saigon atau ke Hanoi doang. Banyak banget tempat-tempat yang seru disana. Kurang lebih dan nanti akan gue ceritakan di post-post selanjutnya, highlight perjalanan gue seperti ini


  • Start dari selatan, di Saigon (karena lebih banyak penerbangan murah dari Jakarta kesini) buat "menikmati" gila nya motor-motor di Vietnam dan makan Pho
  • Lanjut ke Mui Ne buat ke gumuk pasir di Asia Tenggara selain Parang Kusumo di Jogja. 
  • Dari Mui Ne gue ke World Heritage Site, Hoi An, kota cantik dan jadi favorite gue di Vietnam.
  • Dan ke Hanoi, sebagai check point gue ke Ha Long Bay
  • Lalu kembali ke Hanoi sebagai kota terakhir gue di Vietnam dan pulang ke Indonesia

Murah gak di Vietnam?
Jelas. Ya lo bayangin aja kurs mereka dibawah kita men! Hostel di Saigon dan Hanoi start dari 50ribuan dan untuk private sekitar 70-80ribuan. Transport dalam kota rata-rata 3ribuan untuk bis yang nyaman banget. Bus antar kota untuk jarak yang paling jauh gue kemaren kurang dari 200ribu. Untuk makan, kurang lebih seharga Jogja. Street food nya murah-murah. Lo bisa makan Banh Mi, semacam sandwich khas Vietnam cuma 7ribuan. Pho semangkok gedong udah pake daging sapi 15-20rban. Yang gila itu harga beer. Asli disana harga beer cuma 6RIBU PERAK! Lebih murah daripada lo pesen jus-jusan atau bahkan aqua botol yang gede. Bahkan yang oplosan ada yang cuma 3ribu perak!

Katanya orang sana gak bisa Bahasa Inggris?
Suliiiit lit lit sekali nemu orang Vietnam yang ngomong English secara jelas. Tour guide, masih okelah, masih jelas dan dapat dipahami biarpun pronounce mereka bingungdotkom. Resepsionis hostel, bisalah dikit untuk urusan check in check out sama minta sarapan, minta rekomendasi tempat sama mereka sedikit capek karena bingung sendiri kayak lo mau ngomgong apasih. Orang di jalan atau mbak mbak jualan street food, jangan harap. Mereka total gak bisa bahasa Inggris. Mau pesen makan jangan harap lo bisa tanya itu pake apa aja. Mau nanya orang naik bis nomer berapa jangan harap karena mereka bus aja gak tau. Ditambah muka kite kayak mereka, mereka makin ngira kita sebangsa setanah air sama mereka diajak ngomong bahasa die die orang. Tapi hari gini kan ada google translate, seenggaknya gue bisa ntranslate "no pork" ke bahasa dia.

Eh lo bisa pake internet hape disana?
Ya bisa lah keleuz. Vietnam bukan negara komunis keras kayak Korea Utara atau Kuba yang ngeblock internet di negaranya. Pas sampe bandara, gue langsung beli nomer Vietnam. Banyak kok disana provider-provider tinggal pilih aja yang menurut lo meyakinkan. Gue beli nomer dari Mobifone (lainnya ada Vinaphone atau Viettel dan kayaknya sama sama aja) Mbak mbaknya bakal menggiring lo dengan pilihan lo mau pake buat internet atau telfon dan lo berapa lama di Vietnam karena mereka bakal nyesuaiin dengan kebutuhan lo juga. Murah kok, di bandara aja cuma sekitar 50rban untuk paket unlimited sebulan (Devina beli di Saigon, lebih murah sekitar 40rban tapi gak unlimited akhirnya diterpaksa beli pulsa lagi) Dan internet disana cepet parah!! Kalah abis Indonesia dalam urusan kecepatan internet. Beli nomer Vietnam sangat gue sarankan karena hape lo akan sangat membantu perjalanan lo.

Tapi aman gak sih di Vietnam?
Kata orang sih kalo gue baca di blog blognya orang bule selalu nge warning kalo Vietnam tuh gak aman. Bakal banyak copet dan modus mereka ngejambret dari motor dan langsung kabur! Kayaknya untuk kita orang Indonesia dan tinggal di kota besar yang notabene kriminalitasnya sebelas duabelas gak usah terlalu parno. Alhamdulilah gue aman disana mau pulang jam dua pagi juga. Pinter-pinter jaga diri aja sih. Jangan seleboran taro tas dan waspada aja. Mungkin karena muka kita sama juga kita gak jadi target operandi mereka dan mereka lebih ngincer bule. Kemaren sih kenalan sama bule Inggris yang hapenya dijambret. Ya, kembali ke kita sih namanya juga lagi jalan-jalan mesti hati-hati lah!

Terus lo naik apa keliling Vietnam?
Karena Vietnam bukan negara kepulauan gue bisa ke semua kota yang gue tuju naik sleeper bus. Bis yang didalemnya kita bisa bobo bobo lucu dan nyaman dan besok paginya udah sampe dikota tujuan. Tips dan cerita tentang sleeper bus bisa klik disini.

Habis berapa duit selama disana?
Sebenernya kalo main habis berapa, tergantung masing-masing yah. Tergantung style jalan-jalan lo dan kemampuan lo buat menekan budget. Gue juga tidak akan menjelaskan secara detail dan rinci pengeluaran gue. Tapi 10 Hari di Vietnam, dari hasil catatan gue, gue habis kurang lebih 2,5 Juta (exclude tiket pesawat) udah sampe buat pengeluaran pribadi dan acara nongkrong-nongkrongan. Bisa lebih murah? Jelas bisa. Gue masih sering ikut tour dan sedikit boros untuk masalah jajan.

Overall, Vietnam sekali lagi seru banget. Gue sangat menyarankan para traveler yang baru start untuk mulai jalan-jalan atau yang udah expert tapi belum ke Vietnam, datanglah ke Vietnam. It's a really good choice to travel to Vietnam karena sense of traveling lo akan sangat terasah. Harga pada murah. Gak ada acara urus visa-visaan. Iklim masih sama jadi gak ribet bawa bawaan. Pariwasata mereka juga udah maju banget dan integrated jadi semua gampang-gampang aja. And by my experience, travelers lain disana semuanya friendly banget! Banyak banget kenal temen baru disana!

 finally we're in Ha Long Bay~!

RELATED POSTS

1 comments

  1. Nanya Lagi Bang, kalo beli Simcard di bandara dimana ya , store 7-11 atau dimana ? Thanks

    ReplyDelete