Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

Hội An and the Old Town

4/02/2015 08:50:00 pm Unknown 0 Comments Category :


Kalau ditanya destinasi favorit gue selama di Vietnam, lantang gue bakal nyebut Hoi An. Kota kecil di Central Vietnam ini bikin gue jatuh hati sampai gue masukin Hoi An dalam itinerary gue. Hoi An dulunya itu kota perdagangan di Asia Tenggara. Dan sekarang, ditetapkan UNESCO sebagai salah satu World Heritage Site.

*****

Jam 7 pagi hari, sleeper bus bangsat yang membawa gue dari Nha Trang sampai di terminal bis di tengah kota Hoi An. Turun dari bis, dengan mata masih sengep dan badan super pegel, gue, Iqbal, Devina dan dua cewek Jerman "teman tidur" gue di sleeper bus langsung diserbu pasukan calo. Mulai dari calo travel, calo hotel, calo taksi ampe calo ojek. Kontras dengan Saigon, suasana Hoi An tenang banget di pagi hari. Jalanannya jauh lebih kecil, cuma muat dua mobil tapi trotoarnya tetap luas dan banyak pohon rindangnya. Mobilnya sedikit banget dan level ekstrim motornya masih dalam taraf normal (untuk orang Vietnam). Dan sejauh mata memandang, memang bangunan-bangunan di Hoi An itu jadul-jadul ala film perang. Tujuan gue ke Hoi An adalah untuk mengunjungi Old Town-nya.



Gue setakjub itu ngeliat Old Town Hoi An. Cantik banget! Blok-blok dan bangunan masih dijaga keasliannya sampai ke pintu-pintunya dapet banget rasa ancient town-nya biarpun udah jadi cafe atau toko baju. Warna-warna bangunan semuanya mecing dengan didominasi warna kuning. Bangunannya tetep khas vietnam, lebarnya gak seberapa tapi memanjang kebelakang tapi unsur budaya Jepang dan China, yang kebawa dari era jayanya Hoi An pas jadi pusat perdagangan juga kelihatan dari bentuk pintu dan ornamen bangunan. Di tengahnya ada sungai yang ngebagi Old Town jadi dua bagian. Sepanjang sungai banyak kapal-kapal kecil dan disisinya banyak riverview cafe dengan interior unik-unik. Ditambah lagi di Old Town gak boleh ada kendaraan bermotor! Cuma boleh sepeda-sepeda yang bikin Old Town demodernisasi. Makin puas jalan-jalan tanpa gangguan.








Hampir semua spot wisata Hoi An ada di Old Town. Museum, rumah khas Vietnam, art galleries, panggung seni ada disini semua. Lo cukup membayar sekitar 120.000VND (Sept 2014) untuk bisa masuk lima dari banyak point of interest di Old Town. Sebenernya sih, kalo cuma mau muter-muter Old Town-nya gak usah bayar bisa aja tapi gak bisa masuk kedalem museum-museumnya! Setiap mau masuk, tiket lo akan disobek satu-satu sama mba-mbanya di depan.






Ada beberapa rumah khas Vietnam yang dijadiin spot wisata (yang masih ditinggali oleh yang empunya) dan bisa kita masukin. Nanti didepannya ada tulisannya itu rumah punyanya marga keluarga apa. Gue milih rumahnya bapak Tan Ky karena katanya paling otentik. Gue disambut sama mba-mba yang bakal guide-in kita. Sambil dikasih Vietnam tea gratis, si mbak menjelaskan detail tentang morfologi, ornamen sampe feng sui rumah. Katanya Hoi An juga langganan banjir! Kalo banjir bisa sampe sekepala lagi (sama aja dong kayak di Cipinang dulu). Ada juga Japanese Covered Bridge, seperti jembatan penghubung kanal gitu yang ornamennya Jepang banget. Disana juga banyak Assembly Hall yang bentuknya kayak temple. Kita juga bisa nonton keroncongnya Vietnam di panggung seni. Ini pertunjukan cuma ada di jam tertentu jadi jangan lupa liat jadwal yang ada.

Pilihan kuliner sangat banyak di seluk beluk gang-gang Old Town. Saking banyaknya bingung milih mau makan dimana karena semua interiornya gemesin. Ditambah lagi, dua personil tambahan cewek Jerman ini fussy banget soal makanan dan serba takut, takut sama es batu Vietnam yang katanya dari air kali (yah udah biasa sih kita sister minum ginian). Jadi sekarang kalo milih tempat makan harus ada logo rekomendasi dari TripAdvisor. Gue sangat menyarankan untuk makan di riverside karena view-nya dapet banget. Hoi An juga punya makanan khas namanya White Rose. Nggak, kita nggak makan bunga mawar putih. White Rose ini semacam dumpling kayak kita makan dim sum yang disajiin pake dipping sauce. Enak banget buat nyemil-nyemil dan harganya murah, cuma 25.000VND (sekitar 12.500IDR)




Malam hari Old Town makin hidup. Lampion-lampion nyala dari ujung ke ujung jalan. Street food, street market dan street performance tumpah di gang-gang Old Town. Sightseeing jadi makin nikmat karena refleksi lampu-lampu di sungai Old Town indah banget. Duduk-duduk dipinggir jalan aja udah enak banget. Cafe-cafe juga pada ada live music-nya jadi kalo nongkrong disitu bisa betah. Gue dan pasukan milih buat menghabiskan malam terakhir di Hoi An dengan duduk dan mimi cantik di cafe perahu apung di sungainya. Suasananya enak dan range harganya normal. Hehehe, lumayan kita ditraktir itu cewek Jerman itu Jagger Meister karena mereka kaget ternyata kita juga demen minuman kebanggaan negaranya. Biarpun besok siang udah harus cabut lagi ke Hanoi, sampai pagi gue nongkrong disini saking cintanya dan gakmaunya gue meninggalkan Hoi An. Aduh, pokoknya betah banget deh disini!

*****

Tips and notes!
  • Untuk akomodasi, di Hoi An banyak hostel dan hotel. Bisa check di website perbookingan kesayangan. Sangat merekomendasikan buat consider value locationnya. Pilih yang deket sama Old Town, biar jalan kaki kesana gak capek dan pulang malem gak pake nyasar-nyasar.
  • Gue kemarin nginep di Ni Thrung Hotel, tempatnya bagus, bersih, deket dari Old Town juga, tapi jangan pesen tiket bis atau kereta dari sini karena mahal. Bisa check disini
  • Untuk ke Hoi An, bisa naik bus dari kota-kota di selatan atau di utara. Tapi biasanya gak ada yang direct kesini dan harus estafet dari kota besar yang terdekat kayak Nha Trang.
  • Kalo mau naik kereta atau pesawat, bandara dan stasiun terdekat ada di kota Danang. 45 menit dari Hoi An. Banyak shuttle bus dari Danang ke Hoi An.
  • Gue sangat merekomendasikan untuk beli tiket terusan Old Town, little bit pricey but totally worth it.
  • Nongkrong malam-malam di riverside karena terlalu cantik untuk dilewatkan.
  • Sebenernya di Hoi An juga ada pantai yang bagus untuk dikunjungi, kemarin gak banyak waktu jadi gak bisa disamperin. Dari info bule-bule yang gue temuin, blusukanlah ke private beach nya resort mahal. Mereka katanya gak akan notice dan pantainya lebih sepi.

RELATED POSTS

0 comments