Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

Tummy Journey; Edisi: Belitung

3/10/2015 12:51:00 am Unknown 0 Comments Category : ,

Salah satu to-do-list yang hukumnya wajib gue setiap traveling adalah mencoba kuliner khas daerah. Sebisa mungkin kalau lagi traveling gue selalu mencoba mulai dari makanan khasnya, jajanannya, sambelnya sampe kopi khas daerahnya (kalau ada). Karena dari kuliner, biasanya keliatan "rasa" yang ngebedain daerah satu dan daerah lainnya.

Pengalaman bisa tinggal dua bulan di Tanjung Binga, Belitung sudah sangat cukup buat gue bisa mencicipi makanan khas Belitung. Overall, makanan di Belitung didominasi sama seafood dish. No wonder sebagai pulau yang gak terlalu besar dan ekonominya didukung banget dari kelautan dan perikanan, harga bahan laut lebih murah daripada ayam atau sapi. Dari segi rasa, makanan di Belitung itu kayak mix antara Melayu taste dan Chinese taste. Belitung itu salah satu contoh asimilasi budaya yang sukses antara budaya Melayu dan Cina sampai produk makanannya pun. Ditambah pendatang di Belitung itu banyak, jadi banyak rasa-rasa yang nyampur.

What to eat
Gangan
Gambar ngambil dari nutrisiuntukbangsa.com

Ini signature dish Belitung yang paling terkenal. Gangan itu sup ikan dengan kuah asam kuning. Yang bikin nagih tuh kuahnya seger banget, pedes-pedes asem! Bedanya sama gulai, gangan nggak pake santen. Jangan takut makan gangan bakal amis karena orang sana tau caranya masak ikan tapi amis nya bisa ilang. Gangan ini menu wajib sih kalo ke Belitung. Kayak hampir semua ibu-ibu di Belitung pasti bisa masak Gangan. Sama wajibnya kayak orang Padang harus bisa masak rendang. Kadang gak cuma ikan, semua juga digangan sama ibu-ibu dari ketam sampe cumi-cumi.

Mie Belitung
Gambarnya ngambil dari inspirasinusantara.com

Menu wajib yang orang pasti coba kalo ke Belitung. Mie Belitung khas banget dengan kuah kental dari kaldu udang. Dari bentuknya, Mie Belitung hampir mirip mie kocok Bandung tapi gak pake kikil. Mie Belitung pakenya udang. Mie nya dari mie telor dan disajiin sama toping toge rebus sama potongan kentang rebus. Plus pake emping (kurang Indonesia rasanya kalo gak ada kriuk-kriuknya). Gue paling sering makan ini sore-sore sambil duduk-duduk di pantai. Mungkin kalo gak terlalu suka seafood makanan ini aneh karena kuahnya itu rasa udang banget. Gue sih emang omnivora pemakan segala jadi bagi gue ini enak banget. Dan khas karena gak gue temuin didaerah lain. Sudah hampir bisa dipastikan kalo lo ikut paket tour, lo akan singgah di sebuah warung Mie Belitung paling terkenal (yang bisa gue pastikan juga jauh lebih enak bikinan ibu kades desa gue KKN)

Jemput-jemput
Gambarnya ngambi lagi dari ummiazilla.blogspot.com

Ini kue kecil favorit gue selama di Belitung. Sebenernya ini simpel banget. Biasanya cempedak (atau duren, atau pisang, atau nangka tergantung musim) yang dicampur sama tepung sama gula terus digoreng deep fried. Rasanya manis, teksturnya blenye-blenye (gue bener-bener gak tau cara deskripsiinnya gimana).
Tapi ini pertama kali gue makan cempedak. Bagi yang gak tau, cempedak itu kayak siluman nangka dan duren. Gila enaknya! Jadi bentuk buahnya kayak nangka, tapi tekstur dan rasanya kayak duren. Entah gue yang norak atau gimana tapi gue pertama kali nemu ini di Belitung. Ini juga menu yang ibu-ibu Belitung wajib bisa. Waktu gue tinggal disana, biasanya sore-sore ada aja warga yang ngasih. Atau kadang gue suka malakin bocah SD yang minta bantuin bikin PR buat bawain ini, karena sumpah.. Enak banget. Padahal sesimpel itu bahan dan cara pembuatannya.

How to eat
Bedulang
Makan bedulang sama warga desa pas malam takbir

Ada cara unik orang Belitung untuk makan. Kalo mereka lagi punya hajatan, makan mereka bukan ala buffet. Mereka nyebutnya bedulang. Ini modelnya mirip kayak rijstafel, jadi ada satu set nampan besar yang didalemnya ada piring-piring kecil dengan 5 atau 6 menu makanan yang berbeda (dulang). Satu dulang bisa dimakan 5 orang. Ya berarti kalo ada 100 orang yang diundang mereka bakal bikin at least 20  dulang. Pas malam takbiran, gue nyobain makan dengan cara begini di mushola desa. Seru banget karena lo kayak gala dinner tapi lesehan terus makannya banyak dan unik-unik.

Where to eat
RM Diva
Jl. Sriwijaya, Tanjung Pandan.
Price : 20.000-50.000
Overall Rate : 4/5

Right at the heart of Tanjung Pandan, ada sebuah restoran Chinese yang kental banget aroma Chinese-nya. Open kitchen di pintu masuk dengan dekorasi kalender-kalender di temboknya. Disini, gue makan nasi goreng kepiting terenak yang pernah gue makan dalam hidup gue, gak lebay. Nasi gorengnya komposisi bumbunya pas, manisnya pas, kepitingnya enak dan porsinya geudeee.. Sapo Tahunya juga savory banget. Potongan seafoodnya gede-gede, kuahnya mantap. Menunya lengkap ala Chinese resto. Dari nasi goreng, mie goreng, bihun, cap cay, sapo tahu dan lengkap deh. Restoran ini juga Halal dan gak menjual babi.

Belitong Timpu Duluk
Jl. Lettu Mad Daud, Tanjung Pandan
Price : 10.000 - 45.000
Overall Rate : 3/5 
Interior gemas
Interior dan atmosfer tempo dulu jadi jualan utama tempat ini. Bangunannya pun juga khas ala rumah adat Belitung. Masuk sini, lo akan liat kitchen utensil jadul dan alat nelayan jadul yang disusun penuh di dindingnya. Menunya juga makanan khas belitung lengkap banget. Jadi bisa nyobain semua yang gue sebut diatas. Tapi dengan konsep yang ala-ala banget, jadi lebih modern. Bahkan mereka juga punya Dulang Set, kayak orang lagi hajatan, meriah banget. Untuk rasa sih, so-so. Mungkin karena gue nyobain yang dimasak sama ibu-ibu desa gue yang jauh lebih enak jadi makan disini serasa biasa. Cuman mengingat harga yang sangat affordable buat ukuran budget traveler dan pengalaman makannya yang unik. Tempat ini cukup recommended.

RELATED POSTS

0 comments